Pages

Rabu, 16 April 2014

Tak Cinta Indonesia? Baca Ini !!

Untuk mencintai sesuatu terkadang dibutuhkan alasan, meskipun tak jarang rasa cinta itu muncul dengan sendirinya. Namun di sini ada beberapa alasan yang akan menumbuhkan rasa bangga dan rasa cinta kamu terhadap Indonesia.

1. Darahku darah Indonesia
Kamu terlahir di Indonesia, dibesarkan, dididik, susah, senang, kaya, miskin, dan darah yang mengalir dalam tubuhmya adalah darah Indonesia.

Saya memang orang Indonesia tapi saya lahir dan besar di luar Indonesia, apakah saya harus tetap mencintainya? Tanya orang tuamu, apakah mereka lahir dan tumbuh di Indonesia atau tanya kakek nenekmu, apakah dia lahir dan tumbuh di Indonesia? Jika jawabannya adalah iya, darahmu adalah darah Indonesia.


Orang tua atau kakek nenekmu  hidup di Indonesia, menikmati apa yang menjadi sumber daya Indonesia. Merasakan susah dan senang di Indonesia, dan sebelum kamu terlahir darah Indonesia-lah yang telah mengalir di nadi mereka.

2. Kaya budaya
Pernah lihat Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) yang lebih banyak dari Indonesia? Tidak !!! Jangankan se-Indonesia, di Medan tempat saya tinggal saja sudah banyak SARA. Ada agama Islam, Kristen, Budha, Hindu. Ada suku melayu, batak, jawa, minang, tionghoa dan masih banyak lagi. Ini masih di Medan, coba lihat lagi daerah lainnya.


Belum lagi dengan adat istiadatnya, bahasanya, pakaian tradisionalnya, dan lagu-lagu daerahnya. Artinya apa? Indonesia adalah negara yang kaya, kaya agama, budaya, kuliner, suku serta bahasanya. Dan satu lagi yang dapat dibanggakan di Indonesia, meskipun dengan banyaknya kebudayaan yang berbeda, tapi kita warga Indonesia dapat hidup rukun antara satu dengan yang lainnya.

3. Iklim yang bersahabat
Secara sederhana dapat saya katakan bahwa iklim di Indonesia adalah tropis, dan hanya mengenal 2 musim setiap tahunnya yaitu musim penghujan dan musim kemarau.  Secara umum, suatu negara yang memiliki iklim tropis adalah negara yang hangat dengan sinar matahari yang melimpah. Dan curah hujan yang tinggi menjadikan tanah Indonesia tanah yang subur.


4. Letak yang strategis
Indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu Asia dan Australia. Diapit oleh dua samudra, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Hal ini sangat berperan penting dalam kegiatan ekonomi karena terletak di jalur perdagangan Internasional.


5. Kekayaan alam
Indonesia terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya, bahkan ada diantaranya yang hanya ada di Indonesia seperti komodo ataupun bunga Raflesia. Tak ketinggalan hasil pertaniannya, tak sedikit hasil pertanian dari Indonesia menjadi bahan baku kualitas terbaik di dunia.


Apalagi sumber daya lautnya yang kaya akan sumber makanan, tanaman dan hewan laut yang sangat bervariasi. Ditambah lagi dengan hasil tambangnya, ini yang sangat luar biasa banyaknya.

Seluruh hasil alam ini akan sangat lebih menguntungkan jika yang mengolah dan memanfaatkannya adalah putra putri Indonesia sendiri. Jika SDA melimpah, mari berlomba meningkatkan SDM kita untuk Indonesia yang lebih baik.

6. Keindahan alam
Banyak sekali lokasi pariwisata di Indonesia yang mendunia, baik itu danau, pantai, pegunungan, laut dan masih banyak yang lainnya, dan itu merupakan kebanggan tersendiri bagi kita rakyat Indonesia, dan kita wajib untuk menjaga dan melestarikannya.


7. Kuliner
Masing-masing daerah memiliki makanan khas tersendiri, beda suku beda pula makanan khasnya. Coba bayangkan ada berapa banyak suku di Indonesia dengan makanan khasnya. Malah, beberapa kuliner kita telah menjadi salah satu kuliner yang paling digemari di dunia.

masakan nusantara


Beberapa ulasan di atas adalah alasan mengapa kita harus bangga terhadap Indonesia, namun jika kita gali lebih dalam, masih banyak hal yang masih dapat dibanggakan dari Indonesia.

Jika kita tidak mampu menambah sesuatu yang dapat dibanggakan dari Indonesia, paling tidak kita mampu menjaga dan melestarikan beberapa kebanggaan dari Indonesia seperti yang kita bahas di atas.


*dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan semangatmu untuk Indonesia memalui komentar ini. Membagikan artikel ini berarti membagikan semangat ke seluruh anak Indonesia.